Rabu, 27 Januari 2016

Fresh Graduate Teknik Sipil

Tips & Trick Bagi Fresh Graduate Memasuki Dunia Kerja
Sumber Gambar

   Bagi sebagian karyawan yang baru selesai menempuh gelar Sarjana / fresh graduate, proyek adalah tempat yang cukup menakutkan untuk digeluti. Tidak sedikit yang memilih menjadi konsultan perencana bukan karena berminat tetapi karena takut untuk menjadi kontraktor yang berhubungan langsung dengan para pekerja.

Untuk menyiasati ketakutan akan kerasnya dunia lapangan, ada beberapa tips bagi para fresh graduate yang ingin masuk ke proyek namun ragu. berikut diantaranya :

1. Hilangkan Rasa Kesombongan
    Rasa sombong yang sering dimiliki para insinyur sering membuat mereka lupa akan norma-norma kehidupan dan sosialisasi dengan baik. Biasakan rendah diri dan tidak banyak menggurui seseorang walaupun dia bukan sarjana.

2. Pahami Kebiasaan Dan Pergaulan
    Setiap orang yang berada diproyek baik itu staff, mandor, pekerja, maupun operator terdiri dari berbagai suku bangsa dan bahasa. Alangkah baiknya pelajari dan pahami kebiasaan mereka maka akan membantu kita dalam sosialisasi dalam pergaulan maupun komunikasi.

3. Jaga Perilaku
    Sikap kita yang sering kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan bertentangan dengan peraturan yang ada diproyek sebaiknya dihilangkan. Perilaku yang cenderung tidak baik seperti sering telat, banyak bicara, merokok, berkelahi, dan lain sebagainya yang dapat membuat image kita sebagai anak baru menjadi tidak baik harus dihilangkan.

itulah beberapa tips yang dapat dicoba, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan semua.

still share experiences.
Karis Haudi.

0 komentar:

Posting Komentar

Created By Sora Templates