Sabtu, 23 Januari 2016

Pemanfaatan Sisa Pengecoran Beton Struktur

Pemanfaatan Sisa Pengecoran Beton Struktur


Dalam proyek gedung bertingkat tinggi, penggunaan material sangatlah memegang peranan penting untuk menentukan seberapa besar nilai suatu proyek, untung dan rugi proyek tersebut, bahkan dalam percepatan waktu pengerjaan proyek tersebut. Beton adalah material utama yang paling sering dipakai dalam proyek bertingkat karena penggunaannya yang mudah, kuat, dan ekonomis. Beton yang dipakai seringkali terbuang dalam pengerjaannya dikarenakan berbagai kesalahan dalam pelaksanaan pengecoran. faktor-faktor yang mempengaruhi terbuangnya beton readymix diantaranya salah perhitungan/kalkulasi dilapangan, peralata yang rusak, cuaca yang buruk, bahkan proses aplikasi yang tidak tepat akan menyebabkan terbuangnya material. Berikut ini ada beberapa cara pemanfaatan sisa pengecoran beton struktur yang dapat meminimalisir pengeluaran suatu proyek.



1. Digunakan sebagai kolom praktis atau balok lintel secara precast.


Dibeberapa proyek besar, kolom praktis ataupun balok lintel pada pekerjaan pemasangan dinding sudah menggunakan cara precast. biasanya beton yang digunakan yaitu beton instan dengan K-225 atau K-250. sangat dianjurkan penggunaan beton sisa pengecoran struktural digunakan gunakan mengurangi waste beton dan pembelian beton instan.





 
2. Digunakan Sebagai Cansteen

Cansteen adalah bagian tepi dari pedestrian, trotoar, separator, tepi badan jalan, jalan taman, boulevard, dan sebagainya. berfungsi sebagai penguat tepi jalan. biasanya cansteen dianggarkan dalam BQ memesan produk jadi secara precast tinggal pasang. beton sisa pengecoran struktural digunakan sebagai cansteen agar meminimalisir anggaran.



3. Digunakan Sebagai Car Stoper

Car stoper adalah tanggulan sebagai pengaman area parkir untuk tanda mobil harus berhenti. Bahan yang biasa digunakan sebagai car stoper ada beberapa jenis diataranya pipa besi, beton dan rubber/karet.





4. Digunakan sebagai Paving Block

   
Paving block yang umum digunakan sebagai area parkir luar, jogging track, taman, trotoar, halaman rumah maupun pedestrian dapat dibuat secara precast dengan menggunakan material beton sisa pengecoran struktur.




itu beberapa penggunaan ataupun pemanfaatan sisa pengecoran beton struktur yang jika dilaksakan dapat mengurangi biaya proyek tentunya diawasi dengan baik dan diatur secara efisien dalam penataan materialnya, karena jika tidak maka akan mempersempit area loading dock proyek yang berimbas terganggunya pelaksanaan pekerjaan. apabila dalam kontrak tidak ada item pekerjaan diatas, maka material tersebut bisa dijual maupun dikirim ke proyek lain yang membutuhkannya. 

Apabila ada tulisan yang tidak benar, kurang baik, dan menyinggung satu ataupun banyak pihak, mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kesempurnaan hanya milik Allah S.W.T. Demikian info dan sharing yang dapat saya bagikan kepada kawan-kawan Teknik Sipil Millenium berdasarkan pengalaman saya. 

still share experiences.
Karis Haudi.

1 komentar:

  1. Di bogor ada Kontraktor bekisting, CV. HUTAMA LOGAM JAYA, alamatnya

    Jl. Perjuangan no.7 Bojong nangka, Gunung Putri.(persis sebelah Kolam Renang Katoomba Green Park Gunung Putri)

    Alat nya lumayan lengkap, Scaffolding, Ringlock, PCH, Angkur, Column Waller, Steel Waller, Catwalk, Stair, Pipa, Hollow Double, Pipa Double, Suri Suri, Gelagar, Double UNP, Jack Base, U-Head, Tie Rod, Base Plate, Wing Nut, Fixed Clamp, Swivel Clamp, baji, Wedge, WHP, Monas, Angkur, Sabuk Kolom, Ashiba, tembereng, bodeman dan lain-lain.

    Termasuk paling murah harga sewa alat CV. HUTAMA LOGAM JAYA

    saya masih simpen kontak Whatsappnya: 089503458224
    alamat email : marketing.hutamalogam@gmail.com

    Lokasi CV.HUTAMA LOGAM JAYA

    Situs Website CV. HUTAMA LOGAM JAYA

    semoga komentar saya bermanfaat untuk mandor, pemborong maupun kontraktor sipil


    BalasHapus

Created By Sora Templates